Saturday, August 15, 2020

Indonesia Ketuanya Kopi


Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Indonesia Ketua Dewan Kopi. Berikut ini akan kami berikan beberapa ulasan dan pembahasan yang berkaitan mengenai Indonesia Ketua Dewan Kopi


Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo terpilih sebagai Ketua Dewan Organisasi Kopi Internasional atau International Coffee Organization (ICO) Council. Dengan demikian untuk periode 2019-2020 Indonesia akan menjadi pemimpin ICO, menggantikan Swiss.Pada periode sebelumnya, Swiss yang diwakili Stephani Kung menjadi pemimpin Dewan ICO. Terpilihnya Iman, dilakukan dalam pertemuan tahunan ke-125 ICO Council pada 23–28 September 2019 di London, Inggris.


Ketua Dewan ICO nanti akan bertugas memimpin kelanjutan pembahasan berbagai keputusan penting yang dihasilkan oleh Dewan ICO. Ia juga harus bermitra dengan Direktur Eksekutif ICO untuk melaksanakan keputusan tersebut dengan memobilisasi berbagai sumber daya.“Keketuaan Indonesia pada Dewan ICO ini menjadi penting dan mencerminkan kepercayaan dunia pada Indonesia untuk mendorong kelangsungan ekonomi sektor kopi melalui kemitraan antara pemerintah, petani, dan sektor industri,” kata Iman dalam keterangan resmi Senin, 30 September 2019.


Dia melanjutkan upaya tersebut sejalan dengan pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla di forum PBB di New York pada 25 September 2019. Kala itu, JK menyoroti turunnya harga biji kopi dunia dan perlunya ditempuh langkah-langkah terobosan guna menyelamatkan industri dan pertanian komoditas tersebut.Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan penunjukan Iman sebagai Ketua Dewan ICO merupakan pengakuan terhadap peran dan kontribusi Indonesia kepada organisasi tersebut.


“Selain itu, hal ini merupakan refleksi dari kerpercayaan anggota kepada Indonesia untuk menakhodai ICO menghadapi berbagai tantangan, khususnya terkait dengan keberlanjutan ekonomi sektor kopi sebagai dampak dari krisis harga kopi global,” kata Enggar.Pertemuan ke-125 ICO Council dilaksanakan di tengah meningkatnya keprihatinan terhadap merosotnya harga kopi dunia sebesar 30 persen dalam 2 tahun terakhir. Kondisi itu dinilai membutuhkan upaya kerja sama di antara anggota ICO untuk mengatasinya.Saat ini, harga kopi global berada di bawah US$2 per kilogram (kg). Selama ini, kelebihan pasokan kopi global ditengarai menjadi pemicu utama terus tertekannya harga kopi dunia.