Saturday, August 15, 2020

Cara Menikmati Kopi Indonesia


Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang berkaitan tentang pembahasan mengenai Kota Indonesia Punya Cara Sendiri Menikmati Kopi Indonesia. Beberapa artikel yang akan kami sajikan untuk anda kali ini ,bisa sangat membantu apabila anda ingin mencari informasi yang berikaitan mengenai Kota Indonesia Punya Cara Sendiri Menikmati Kopi. Dan dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa artikel yang membahas dan mengulas mengenai Kota Indonesia Punya Cara Sendiri Menikmati Kopi


Hampir setiap daerah di Indonesia punya karakteristik biji kopi berbeda, pun cara penyajiannya. Bertepatan dengan Hari Kopi Internasional yang jatuh setiap 1 Oktober, yuk kenali 10 daerah yang menyajikan kopi dengan cara unik berikut ini!


1. Kopi kawa daun, Bukittinggi

Yang bikin kopi kawa daun ini unik adalah bahan intinya. Bukan biji kopi, melainkan daun kopi yang disangrai, ditumbuk, lalu diseduh. Bukan cuma itu, kopi khas Bukittinggi, Sumatera Barat, ini juga menggunakan batok kelapa sebagai cangkirnya.


2. Kopi rarobang, Ambon

Kopi Rarobang adalah minuman asal Ambon. Meski bukan termasuk daerah produsen kopi, tapi minuman satu ini sudah jadi ikon di Ambon.Kopi dicampur rempah seperti jahe, cengkeh, gula tebu, irisan kacang kenari, dan madu. Kopi ini bisa ditemukan dengan mudah di warung kopi dengan harga sekitar Rp15 ribu.


3. Kopi joss, Yogyakarta

Pasti sudah familiar dengan kopi ini, kan? Kopi asal Yogyakarta ini begitu unik, karena ada sebongkah arang panas yang dimasukkan ke dalam kopi. Karena itulah dinamakan kopi joss, karena terdengar seperti suara arang yang terkena kopi.


4. Kopi khop, Aceh

Kalau biasanya alas gelas berada di bawah, kopi khop khas Aceh justru disajikan dengan cara terbalik. Gimana cara minumnya? Biasanya kopi akan merembes ke luar perlahan-lahan dan kamu bisa menyeruputnya melalui piring kecil. Biasanya ada sedotan yang diselipkan lewat bibir gelas, supaya kopinya tumpah ke luar kamu tinggal meniupnya.


5. Kopi sanger, Aceh

Bukan cuma kopi khop, Aceh punya satu lagi jenis kopi susu yang disajikan secara unik, yakni kopi sanger. Kopi ini hanya bisa dibuat oleh seorang Joki, yakni istilah untuk seorang yang pandai menarik kopi.Yap, proses peracikannya dengan cara ditarik setelah kopi diseduh dan disaring dengan alat khusus ini. Sekilas mengingatkan kita dengan racikan Thai tea, ya?


6. Kopi takar, Mandailing

Sebelum ada gerakan go strawless, kayaknya orang Mandailing, Sumatera Utara, sudah menerapkannya sejak lama. Kopi takar ini unik, karena selain disajikan dalam cangkir batok kelapa, ada kayu manis yang berfungsi seperti sedotan.


7. Kopi durian, Lampung

Minuman satu ini bisa dibilang double combo buat si pecinta kopi dan durian. Kopi khas Lampung tersebut diracik menggunakan biji jenis robusta dan daging buah durian yang manis.Sensasi keduanya dijamin nagih. Tapi buat kamu yang punya penyakit lambung harus tetap hati-hati, karena bisa membuat asam lambungmu naik, sedangkan durian menimbulkan gas.


8. Kopi kasar, Gresik

Kopi dalam minuman khas Gresik ini tidak digiling halus, melainkan ditumbuk kasar. Serbuk kopi bakal naik ke permukaan dan biasanya ada tambahan creamer di atasnya.Kamu perlu mengetok bagian tengah cangkir menggunakan sendok agar creamer turun ke bawah dan tak luber waktu diaduk. Setelahnya, kamu bisa mengaduk kopi seperti biasa, lalu menyeruputnya. Sejumlah warung kopi juga menyertakan tempat untuk membuang ampasnya biar gak ikut terminum.


9. Kopi klothok, Cepu

Kopi Kothok berasal dari Cepu, Jawa Tengah, tapi ada juga yang menyebut kalau kopi ini asalnya dari Yogyakarta. Yang bikin kopi ini unik adalah kopinya bukan diseduh air panas, melainkan air direbus bersama kopi dan gula.


10. Kopi talua, Minang

Busa di permukaan kopi ini bukan milk foam lho, melainkan terbuat dari kuning telur yang dikocok dengan susu kental manis dan bubuk kayu manis. Setelah dikocok hingga mengembang, barulah dituang air seduhan kopi sambil terus dikocok.Seduhan kopi panas akan membuat kuning telurnya matang dan menghasilkan buih lembut di atasnya. Jangan khawatir rasanya bakal amis, busa ini rasanya justru lembut dan creamy.


11. Kopi ijo, Tulungagung

Jangan dibayangkan warna kopinya bakal hijau seperti daun ya. Kopi ijo atau kopi hijau asal Tulungagung, Jawa Timur, ini hanya berwarna lebih pucat dari kopi pada umumnya.Biji kopi disangrai dengan wadah dari tanah liat dan dibakar di atas tungku kayu bakar, bukan kompor gas. Proses ini membuat aroma, warna, dan rasanya sangat khas.Selain 11 kopi di atas, apa nama kopi unik di daerahmu? Tulis di kolom komentar ya!